Arti dari Premi Asuransi

Arti premi asuransi
Arti premi asuransi. (insureinvest.org)
Agenasuransiprofesional.com - Apa sih maksud atau pengertian dari "premi asuransi"? Sering kita mendengar kata premi asuransi (insurance premium) diucapkan setiap kali mendengar orang berbicara atau berdiskusi mengenai topik asuransi. Memang tidak bisa dipisahkan. Entah itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi properti, asuransi bisnis, asuransi pendidikan, dst. Selalu ada kata "premi" dan rasanya memang keharusan. Jadi tak ada salahnya dipahami meski cuma sekilas saja.

Premi asuransi adalah biaya (cost) yang harus dikeluarkan atau dibayarkan oleh seorang pemegang polis asuransi. Dengan kata lain premi ini adalah semacam iuran atau tagihan asuransi yang harus dibayarkan oleh seorang nasabah. Pembayarannya sesuai dengan jenis asuransi yang telah dipilih dan atau sesuai perjanjian kontrak polis yang sudah ditandatangani dan setujui oleh perusahaan asuransi. Rata-rata orang membayar premi dengan sistem bulanan karena memang lebih memudahkan. Namun ada juga yang membayar premi dengan sistem per semester, per tahun atau bahkan per sekian tahun. Bisa diatur kok dengan agen asuransi yang melayani kita.

Besarnya premi yang harus dibayarkan setiap nasabah tentu berbeda-beda. Ada banyak faktor penentunya. Antara lain adalah jenis produk asuransi yang diambil, nilai pertanggungan yang diharapkan, usia si nasabah saat membeli polis asuransi, masa kontrak asuransi, kondisi kesehatan si nasabah, riwayat sakit penyakit si nasabah, perokok atau non-perokok untuk jenis asuransi kesehatan, profesi atau pekerjaan si nasabah, dsb.

Kesimpulannya: premi asuransi adalah biaya atau tagihan yang ditagihkan oleh perusahaan asuransi kepada nasabah mereka dan harus dibayarkan oleh seorang nasabah asuransi agar selalu mendapatkan perlindungan asuransi. Tagihan ini bisa bulanan, per semesteran, per kuartal, per tahun, dst..sesuai perjanjian polis asuransi. Besarnya premi antar tiap nasabah tidaklah selalu harus sama. Premi juga bisa dibicarakan atau disesuaikan dengan kondisi ekonomi atau keuangan kita. Silakan hubungi agen asuransi yang melayani anda untuk mendapatkan jenis asuransi yang tepat dan cocok.