Arti Agen Asuransi Profesional

Arti agen asuransi profesional
Pengertian agen asuransi profesional. (ethicalsystems.org)
Agenasuransiprofesional.com - Apa yang dimaksud dengan "agen asuransi profesional"? Kalau pengertian agen asuransi rasanya sudah cukup paham karena sudah pernah kami jelaskan. Sedangkan agen asuransi profesional adalah agen-agen pemasar asuransi yang bekerja sesuai dengan tuntutan profesionalisme pekerjaan atau profesi tersebut. Setiap profesi atau pekerjaan di muka bumi ini entah itu profesi kecil hingga profesi besar, entah itu yang menuntut pendidikan atau pelatihan yang tinggi atau tidak selalu ada standarnya. Jika tidak mengikuti standar kerja, aturan main, etika serta kode etik maka bisa dibilang sudah tidak profesional.

Mengukur profesionalisme seorang agen asuransi tentu bisa sangat subyektif. Tergantung siapa yang menilai, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja serta sudut pandang si penilai itu sendiri. Meski demikian, karena agen asuransi tak ubahnya adalah orang-orang yang menjual sesuatu - dalam hal ini adalah jasa perlindungan asuransi - maka ada beberapa poin yang rasanya memang bisa menjadi patokan untuk menilai apakah seorang agen asuransi benar-benar profesional atau tidak. Tak ubahnya seperti sales-sales yang sering kita jumpai.

Beberapa poin tersebut antara lain:
  • Apakah si agen asuransi serius bekerja di bidangnya?
  • Apakah si agen asuransi memahami sejarah dan latar belakang perusahaan tempat dia bekerja dan berkarir?
  • Apakah si agen asuransi memahami betul produk asuransi yang dijualnya?
  • Apakah si agen asuransi benar mendapatkan pengenalan dan pelatihan yang cukup dari perusahaan tempatnya bekarja?
  • Apakah si agen asuransi sudah mendapatkan pelatihan profesi sesuai yang disyaratkan oleh pemerintah atau lembaga sertifikasi legal jika ada?
  • Apakah si agen asuransi melayani nasabah dengan baik atau hanya berorientasi uang?
  • Apakah si agen asuransi sudah berlaku wajar ketika menjual produk asuransi? 
  • Apakah si agen asuransi bisa dipercaya terhadap apa yang dia jual atau dia omongkan?
  • Dst..

Rasanya bisa panjang sekali dan mungkin akan menimbulkan perdebatan tiada akhir karena memang bisa sangat subyektif. Namun demikian, berhubung produk asuransi bukan produk hanya sekali pakai layaknya penjualan barang-barang yang ada, maka sudah seharusnya seorang agen asuransi memiliki kepedulian terhadap konsumen melebihi sales-sales lainnya. Bukan saja harus hebat di produk yang dia jual tetap juga harus bisa berlaku lebih baik ketika menjual. Layaknya profesi dokter. Dokter yang hebat tetapi tidak tahu cara memperlakukan manusia tak ubahnya adalah dokter hewan. Lebih baik dokter itu menjadi dokter hewan! Sementara dokter yang hebat mendekati pasien tetapi tidak bisa menyembuhkan penyakit pasien juga tidak boleh terjadi!