Apa Itu Perusahaan Asuransi?

Pengertian perusahaan asuransi di Indonesia
Arti perusahaan asuransi. (ratelab.ca)
Agenasuransiprofesional.com - Apa pengertian "perusahaan asuransi"? Bagaimana cara kerjanya? Biar ada gambaran akan kami jelaskan secara sederhana di bawah ini.

Perusahaan asuransi (company insurance) adalah perusahaan yang menerbitkan, menciptakan, menjual, memasarkan dan melayani produk asuransi. Perusahaan seperti ini bisa perusahaan berskala swasta nasional, swasta internasional atau bahkan perusahaan milik negara (BUMN). Selain itu, dari cara bisnis atau operasionalnya perusahaan-perusahaan asuransi ini masih bisa dikategorikan sebagai perusahaan yang mengejar keuntungan (profit) atau nirlaba (non-profit). Kalau mengejar keuntungan berarti produk asuransi yang diciptakan atau dijual benar-benar murni bertujuan bisnis. Sementara kalau yang bersifat nirlaba berarti produk asuransi yang diciptakan atau dijual murni untuk pelayanan sosial.

Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang menjual jasa. Dalam hal ini adalah jasa perlindungan terhadap sebuah risiko keuangan dari para penggunanya (pemilik polis asuransi). Perusahaan berjanji untuk membayar biaya-biaya tertentu yang terjadi di masa depan kepada nasabahnya dengan imbalan nasabah tersebut berjanji membayar biaya rutin yang sering disebut premi (premium). Jadi ada semacam perjanjian kontraknya yang sering dinamakan "polis asuransi". Misalnya jika seseorang membeli asuransi kesehatan maka perusahaan asuransi akan membayar sebagian atau keseluruhan tagihan medis si nasabah jika si nasabah sakit atau masuk rumah sakit. Demikian juga misalnya dalam asuransi jiwa, perusahaan akan memberikan atau membayarkan sejumlah uang kepada penerima manfaat ketika si nasabah (klien) meninggal dunia. 

Perusahaan asuransi mendapatkan keuntungan dari sejumlah premi yang dibayarkan oleh para nasabah. Dana-dana yang berhasil dikumpulkan dari para nasabah ini akan dikelola secara baik agar bisa maksimal. Dana-dana ini biasanya akan disebarkan di beberapa instrumen investasi, dikelola sendiri secara terpisah di perusahaan lain yang diurus oleh manajemen perusahaan asuransi tersebut, dibelikan produk reasuransi, dsb. Perusahaan asuransi menyebarkan risiko salah satu nasabah di atas kumpulan premi dari semua nasabah yang berhasil didapatkannya. Karena itu sangatlah penting bagi perusahaan asuransi untuk terus mendapatkan nasabah-nasabah baru dengan berbagai cara dan strategi untuk kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Salah satu ujung tombak pemasaran produk asuransi adalah melalui agen asuransi.

Kesimpulannya: perusahaan asuransi adalah sebuah perusahaan yang menciptakan, melayani penjualan dan pertanggungan sebuah produk asuransi. Perusahaan ini bisa perusahaan swasta nasional, swasta internasional atau bahkan perusahaan pemerintah (BUMN). Contoh perusahaan asuransi swasta seperti Prudential Indonesia, Allianz Indonesia, AIA Financial Indonesia, AIA, Allianz, Manulife Indonesia, dsb. Sementara untuk perusahaan asuransi milik pemerintah seperti: Asuransi Jiwasraya, Asuransi Jasa Raharja, Jamsostek, Danareksa, dst.