Pengertian Agen Asuransi

Pengertian Agen Asuransi
Ilustrasi seorang agen asuransi. (Lorden/freevector.com)
Agenasuransiprofesional.com - Apa arti atau maksud dari "agen asuransi"? Agen asuransi (insurance agent) adalah orang-orang atau mereka yang bekerja di sebuah perusahaan asuransi atau agency perusahaan asuransi yang bertugas memasarkan produk-produk asuransi. Ya semacam sales atau tenaga penjual di perusahaan-perusahaan pada umumnya. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa agen asuransi adalah orang-orang yang membantu kita memiliki sebuah polis asuransi. Lewat agen inilah kita bisa mendapatkan penjelasan seputar produk asuransi sekaligus menjadi nasabah. Mereka mengurus semuanya untuk kita sampai selesai. Kita tinggal membayar premi sesuai pilihan kita dan memetik manfaatnya sesuai perjanjian polis asuransi.

Untuk menjadi agen dari sebuah perusahaan asuransi, tentu saja orang tersebut harus mengajukan atau mendaftarkan diri. Bisa langsung ke alamat kantor perusahaan asuransi yang sedang membutuhkan tenaga penjual (membuka lowongan), mendaftar langsung melalui media online situs perusahaan asuransi atau bisa juga melalui agen asuransi lainnya dalam hal ini adalah senior atau mereka-mereka yang terlebih dulu sudah bekerja dan berkarir di sana.

Syarat untuk menjadi seorang agen asuransi boleh dibilang sangatlah mudah. Tidak terlalu mensyaratkan banyak hal yang rumit yang bersifat formalitas seperti ijazah pendidikan terakhir, pengalaman kerja atau bahasa asing. Karena yang dibutuhkan adalah kemampuan menjual dan memiliki banyak relasi. Jadi untuk menjadi seorang agen asuransi tanpa lulus SD pun sebenarnya bisa selama memang mampu menjual, banyak relasi, siap di-training untuk mengikuti sejumlah pelatihan termasuk sertifikasi dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Jika sudah lulus atau lolos semua pelatihan dan sertifikasi tersebut maka seseorang baru bisa menjadi agen asuransi dan mulai mencari nasabah.

Agen asuransi tidak digaji kecuali mereka yang bekerja sebagai agen bancassurance. Agen asuransi dibayar atau menerima penghasilan dari komisi premi yang dibayarkan oleh seorang nasabah. Besarnya sangat tergantung kepada kebijakan masing-masing perusahaan asuransi tempat mereka bekerja dan berkarir. Selain komisi, penghasilan seorang agen juga bisa dari bonus yang didapatkan jika memenuhi target penjualan dari perusahaan baik yang bersifat individu atau grup (tim). Bukan cuma penghasilan dalam bentuk uang, seorang agen asuransi juga bisa mendapatkan sejumlah benefit lainnya seperti liburan jalan-jalan ke luar negeri (trip), hadiah kontes penjualan, hadiah kontes promosi, dsb. Karena tidak mendapatkan gaji pokok maka penghasilan seorang agen asuransi sangatlah tidak terbatas. Bahkan untuk mereka-mereka yang serius bekerja, profesional, kreatif dan sudah cukup lama berkarir bisa mendapatkan penghasilan lebih dari seorang direktur perusahaan secara umum.

Kesimpulannya: agen asuransi adalah mereka-mereka yang menawarkan atau menjual produk asuransi. Bisa produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan + investasi, asuransi perlindungan kehilangan, asuransi kendaraan, asuransi rumah, asuransi perjalanan, asuransi pendidikan, dst.