Memahami Pengertian Asuransi

Pengertian asuransi
Pengertian dan penjelasan mengenai asuransi. (newstodaynet.com)
Agenasuransiprofesional.com - Apa maksud atau arti dari "asuransi"? Gampang kok dipahami. Asuransi (insurance) adalah sebuah produk (barang jasa) dari sebuah perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan kepada pembelinya (pemegang polis) yang berkaitan dengan kerugian finansial di masa depan yang berkaitan dengan ketidakpastian. Perlindungan ini bisa bermacam-macam sesuai dengan produk asuransi tersebut. Bisa perlindungan yang menyangkut keselamatan diri sendiri (kesehatan, kematian, kecelakaan, dsb.), barang (mobil, rumah, bangunan, pabrik, aset tak bergerak lainnya, barang kiriman, barang berharga, dsb.) atau hal-hal lainnya seperti risiko investasi, masa depan pendidikan, kenyamanan perjalanan, dst.

Namun untuk penjelasan yang lebih bersifat ilmiah, text book, referensi atau mengacu pada beberapa aturan hukum seperti Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) yang berlaku di negara Republik Indonesia maka asuransi dapat dijabarkan sebagai berikut:

"Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian di mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.” (KUHD tentang asuransi Bab 9 Pasal 246).

"Asuransi adalah suatu kontrak, yang diwakili oleh suatu polis, di mana seorang individu atau entitas menerima perlindungan finansial atau penggantian kerugian terhadap kerugian dari perusahaan asuransi." (Investopedia).

"Asuransi adalah sarana perlindungan dari kerugian finansial. Ini adalah bentuk manajemen risiko, terutama digunakan untuk lindung nilai terhadap risiko kerugian kontinjensi atau tidak pasti." (Wikipedia).

"Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Pihak yang lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat." (Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBHI).

Kesimpulannya: asuransi adalah sebuah produk tak ubahnya produk jasa lainnya seperti tabungan, reksadana, dsb. Hanya saja produk asuransi berkaitan dengan perlindungan kerugian keuangan di masa depan dari sebuah ketidakpastian. Orang yang membeli produk asuransi dilindungi dari kerugian-kerugian seperti ini yang berkaitan dengan masa depan. Penanggung kerugian ini adalah perusahaan asuransi.